Ternak

Rabu, 07 Oktober 2015

Pengaruh Bambu Pada Fermentasi Dadih

Dadih merupakan produk fermentasi dari bambu sebagai media fermentasi yang merubah laktosa menjadi asam laktat dalam proses pembuatannya. Susu kerbau yang digunakan sebagai bahan utama dadih tidak mudah ditemukan dan ketersediannya tidak selalu ada, karena itu dibutuhkan susu pengganti sebagai sebagai bahan utama pembuatan dadih. Susu sapi merupakan salah satu susu yang paling berpotensi dijadikan pengganti susu kerbau. Susu sapi banyak ditemukan di Indonesia, ketersediannya pun dapat dikatakan stabil walaupun masih memberlakukan pemasukan susu impor untuk pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia. 

bambu

Bambu sebagai wadah pembuatan dadih sekaligus tempat perkembangbiakan bakteri asam laktat yang digunakan dalam pembuatan dadih di Sumatera barat berbeda. Bambu yang sering digunakan adalah bambu betung. Masing- masing bagian ruas dari bambu tersebut mempunyai daya serap yang berbeda, hal tersebut akan membuat kualitas dadih yang dihasilkan juga akan berbeda. 
Ruas bambu pada bagian pangkal adalah bagian bambu yang paling tua diantara ruas yang lain dalam satu batang bambu. Bagian pangkal yang digunakan dalam penelitian adalah ruas pertama yang keluar dari dalam tanah sampai pada ruas ke 5. Ruas pangkal bambu betung mempunyai ketebalan paling tinggi diantara bagian yang lain sehingga daya serap air lebih tinggi. Pada bagian ini kadar air bambu yaitu berkisar 57,58%.

Ruas bambu pada bagian tengah adalah bagian bambu yang berada ditengah batang bambu, pada bagian ini ruas bambu lebih muda dari bagian pangkal dan lebih tua dari bagian ujung ruas dalam satu batang bambu danketebalan pada ruas bagian ini juga mempunyai ketabalan lebih kecil  dari bagian pangkal sehingga daya serap air lebihrendahdaribagianpangkal. Bagian tengah yang digunakan dalam penelitian adalah ruas ke 15 sampai 20. Pada bagian ini kadar air bambu berkisar 45,07%.

Ruas bambu pada bagian ujung adalah bagian bambu yang paling muda diantara ruas yang lain dalam satu batang bambu. Bagian ujung yang digunakan dalam penelitian adalah ruas ke 30 sampai 35.Bagian ujung mempunyai ketebalan paling kecil diantara bagian yang lain dandaya serap air pada bagian ini paling kecil. Pada bagian ini kadar air bambu berkisar 25,19%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar